• +62 274 484178
  • ypwb@akakom.ac.id
  • Jl. Raya Janti No. 143, Karang Jambe, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Yayasan

;

sejarah

Abad XX diwarnai oleh berbagai kemajuan menakjubkan yang dicapai oleh umat manusia, terutama oleh penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu penemuan itu adalah komputer, yang dalam perkembangan selanjutnya mampu menempatkan dirinya sebagai produk yang makin dibutuhkan dalam masyarakat moderen.

Menanggapi kondisi zaman seperti itu, dengan niat untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan falsafah Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, kerabat yang berminat dalam menunjang alih teknologi, yaitu (1) Zamharin, SH, (2) Drs. Agus Sulistyo Pribadi, SH, (3) Ir. Soegiri Ananda, (4) R. Atmosuprobo, dan (5) R. Soemitro, pada tanggal 30 Juni 1979 bersepakat mendirikan sebuah yayasan dengan nama Yayasan Pendidikan Widya Bakti. Yayasan itu berstatus badan hokum berdasarkan Akta Notaris Umar Syamhudi, SH, Nomor 43 tanggal 30 Juni 1979, didirikan dengan tujuan mengembangkan dan menyebarluaskan manajemen informatika dan teknologi komputer di kalangan masyarakat Indonesia melalui usaha pendidikan yang sistematis dan ilmiah. Pada tanggal itu juga didirikan akademi yang diwadahi oleh Yayasan Pendidikan Widya Bakti dengan nama Akademi Aplikasi Komputer, disingkat AKAKOM, dengan mengangkat Ir. Ali Soerono sebagai pimpinan Akademi, dan Ir. F. Soesianto, B.Sc.E sebagai konsultan.Atas fakta sejarah tersebut maka berkembangnya AKAKOM tidak bisa dipisahkan dengan Yayasan Pendidikan Widya Bakti sebagai badan penyelenggaranya.

Seiring  dengan berkembangnya minat masyarakat terhadap AKAKOM, pada tahun 1992 akademi itu mengalami perubahan nama dan organisasi menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AKAKOM. Dilahirkan di Yogyakarta, Sekolah Tinggi itu memilih mengambil ciri khas Daerah Istimewa Yogyakarta, yang sangat kuat dalam bidang budaya, pendidikan, pariwisata dan pertanian – budaya dimengerti dalam kepekaan tinggi terhadap nilai kemanusiaan dan alam, harkat dan martabat masyarakat banyak, serta lingkungan hidup.

Selanjutnya, menyesuaikan diri dengan ketentuan dan tataperundang-undangan pemerintah Republik Indonesia,Yayasan Pendidikan Widya Bakti menyesuaikan Anggaran Dasar Organisasi dengan Undang-Undang No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan dan telah tercatat dalam Tambahan Berita Negara R.I. Tanggal 13 November 2009 No. 91 dengan nama Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta.

Kini, seiring dengan perkembangan jaman, dinamika masyarakat, didukung oleh kerjasama yang sinergi antara pemerintah, masyarakat dan industri, STMIK AKAKOM telah berkembang luas dan mampu menjadi kebanggaan masyarakat. Kematangan dalamusia dan pengalaman ini tentunya menjadi kekuatan tersendiri bagi Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta untuk terus mengembangkan dan mewujudkan keutamaan pelayanan kepada masyarakat secara lebih professional dan berkualitas.

Didukung dengan semangat yang kuat dan sumber daya yang memadai, Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta bertekad mengembangkan STMIK AKAKOM sebagai perguruan tinggi yang Mantap, Tumbuh dan Berprestasi hingga pada tahun 2030 diharapkan telah mampu menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang Adaptif terhadap Perkembangan Kedepan, Sejajar dengan Perguruan Tinggi Terkemuka Bertaraf Internasional.